Kamis, 04 November 2010

Berpandangan Positif terhadap orang lain


Bismillahirrohmaanirrohim..

" Hai orang - orang yang beriman janganlah terlalu banyak sangka menyangka , sungguh sebagian persangkaan adalah dosa.janganlah saling memata-matai , dan janganlah saling memfitnah..."( Q.S 49 Surat Al Hujuraat ( Bilik - bilik Ayat 12)

Kalau kita fahami ayat di atas kita selaku manusia sebagai ciptaan tuhan yang sempurna di banding ciptaan yang lainnya. selayaknyalah  kita selalu menghindari berprasangka buruk , dan mengupayakan berprasangka baik kepada orang lain.

Mempunyai  sakwasangka yang jelek tentang orang lain hanya akan menyiksa diri, berpikran positif terhadap orang lain mungkin itu akan lebih baik terutama bagi pergaulan kita sehari - hari.

Hendaklah kita membuat hari - hari kita menjadi indah dan bahagia.dengan di kelilingi , saudara , teman , atau sahabat , tanpa adanya perselisihan. fitnah, atau selalu ngomongin sesama dengan tujuan,tertentu.

" Kebanyakan mereka hanya mengikuti dugaan semata , sungguh dugaan tiada berguna sedikitpun melawan kebenaran . Sungguh Allah mengetahui segala yng mereka lakukan".( Q.S 10 Surat Yunus ) Ayat 36 )

" Dan janganlah layangkan pandanganmu kepada kenikmatan yang kami berikan kepada beberapa golongan diantara mereka itu( hanyalah) kembang kehidupan dunia , supaya dapat kami dengan demikian menguji mereka . tetapi rezeki tuhanmu lebih baik dan lebih kekal. " ( Q.S 20 Surat Thaha ayat 131)

Dari ayat di atas mungkin kita dapat memandang positif pula apa yang mereka punya tanpa menduga dari mana hal ini mereka dapatkan., mungkin itulah obat mujarab untuk hati yang selalu bersakwasangka.

Dan ini adalah ayat yang terakhir dari tulisanku hari ini , Sekaligus mengingatkanku akan seorang teman, sahabat , saudara ku  yang sangat suka akan "Bulan"dimanapun kau berada aku ucapkan Terima kasih... aku selalu berdo'a tuk kebahagiaan lahirbatin , dan keberhasilan karier ,nya... semoga pula Allah selalu melindungi keluarga nya....Amin

" Wal qamara qad-darnaahu manaazila hatta'aadaka'urjuunil qadim." Bulan yang kami atur perjalanannya sehingga dia kembali seperti tangkai kurma yang lancip kecil seperti sabit"." ( Q.S. Yaasiin. ayat 39 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar